Selasa, 18 Juni 2013

Menuju Pemekaran dan Menjadi Kabupaten Bumiayu

Berita Bumiayu

@Bumiayuku - Kabupaten Brebes adalah merupakan kabupaten di Jawa Tengah dengan cakupan wilayah yang paling luas setelah Kabupaten Cilacap. Namun tipikal topografi Kabupaten Brebes memang unik, yang ketika dihadapkan pada pemerataan pembangunan akan berbenturan pada kendala-kendala yang tidak ringan.

Akses dari pusat ibukota kabupaten dan sebaliknya pada daerah yang sulit dijangkau juga akan mengurangi kinerja aparat dan masyarakat saat memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan urusan kepemerintahan.

Kendala-kendala tersebut tak dapat dipungkiri akan menimbulkan ekses yang timbul akibat dari ketimpangan pembangunan, di samping kurang tanggapnya pemerintah Kabupaten Brebes terhadap semua keluhan-keluhan yang timbul.

Hal yang paling merasakan semua kendala-kendala di atas adalah daerah Brebes Selatan, yang merupakan daerah paling jauh dari akses timbal balik dengan ibukota kabupaten Brebes tersebut. Dengan anggapan masyarakat bahwa Brebes Selatan seolah bukan bagian dari Pemerintah Kabupaten Brebes.

Karena 'perhatian' yang terbelah ini maka lambat laun tapi pasti sejak puluhan tahun yang lalu semakin banyak saja warga masyarakat yang melakukan 'pembangkangan' terhadap Pemerintah Kabupaten Brebes sebagai upaya menyuarakan pemerataan pembangunan.

Namun di sisi lain segala perhatian yang diberikan masih sebatas untuk meredam gejolak masyarakat dan belum mencapai esensi dari sisi pembangunan yang sebenarnya. Dan bahkan sering perhatian lebih diberikan pada wilayah Brebes Utara yang lebih dekat jangkauannya.

Pemekaran memang sudah menjadi keharusan dan kebutuhan bagi Brebes Selatan sebagai solusi yang memungkinkan untuk bisa lebih bisa membangun secara mandiri tanpa harus menunggu dan bergantung pada Pemerintah Kabupaten Brebes. Hal yang perlu digaris bawahi bahwa keinginan untuk melepaskan diri dari Pemerintah Kabupaten Brebes sudah menjadi keharusan dan anggota masyarakat Brebes Selatan wajib mendukungnya.

Karena ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama dan perjuangan sampai terwujudnya Kabupaten Bumiayu sebagai bentuk jati diri yang mumpuni, mandiri, efisien dan terjangkau. Sekian.

Bumiayu, 080513


Sumber :
http://www.bumiayu.net/2013/05/Menuju-Pemekaran-dan-Menjadi-Kabupaten-Bumiayu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar