Jumat, 16 Juli 2010

Beberapa Potensi Lokal Kecamatan Sirampog

Pengkalsifikasian potensi, kami yakini sangat perlu dalam rangka pemetaan (maping) suatu daerah untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya. sehingga hal ini akan menjadi tolak ukur atau pijakan dalam mengambil keputusan kebijakan, mana-mana yang harus diprioritaskan.


Untuk itu kami mengkalsifikan ke dalam beberapa potensi yang bisa dikembangkan di kecamatan Sirampog:


1. Potensi ekonomi

Pertanian: padi (di wilayah kecamatan Sirampog bagian bawah: Benda, Kaliloka, Manggis, Plompong, Buniwah, Mendala), sayuran (wilayah Sirampog Bagian atas: Igirklanceng, Dawuhan, Batursari, Wanareja, Sridadi, Kaligiri dan sebagian Mendala)
Perkebunan: Kelapa, Bambu, Pinus (hanya di daerah Sirampog Bagian atas, dan sekarang berkurang karena lahannya banyak yang di tanami sayuran, kentang wortel, dll oleh penduduk setempat., dan kayu-kayuan yang lain seperti besiar dan mahoni.
Perindustrian: home industri (kerajian dari bambu dan kayu, pembuatan tahu, tempe dll),ricemill, dll
Pasar sirampog, pasar pagi benda, toko-toko/warung-warung.


2. Potensi wisata

Agrowisata hortikultur di sirampog bagian penghasil sayur (ibid)
wisata air; hampir di semua desa di kecamatan Sirampog ada sumber mata air dan sana juga terdapat sungai pedes, celana, tlahab, keruh, curug putri, tuk jaya, sumur penganten, dll.

wisata alam: lereng gunung slamet, gunung mangkok, tilas para leluhur.
wisata kesenian: rebana, seni pencak silat.


3. Potensi pendidikan

- pendidikan formal: SMAN I Sirampog, SMK Al-Hikmah, SMA Al-Hikmah, MA Alhikmah 1 dan 2, MTs Al-Hikmah 1 dan 2, SMP N 1,2 dan 3 Sirampog, SMP 1 dan 2, SMK, MA dan MTs Muhammadiyah, MTS Plompong, Kaligiri, MTs Banjarsari (Manggis), buniwah, Mendala, Dawuhan, dll. SD dan MI sudah menyebar di 13 Desa di Kecamatan Sirampog.

- Pendidikan Non formal: pondok pesantren Banjarsari, Kaliloka, plompong, dan terbesar di Benda.


4. Potensi Sumber daya manusia:

Banyak lulusan Sarjana dari berbagai jurusan, petani, pengusaha, eksekutor, legislator, ulama, guru, dll yg mimiliki kompetensi sesuai dgn bidang masing-masing.


5. Potensi Organisasi

Organisasi-organisasi yang dibawah naungan KNPI hampir semua ada.
alangkah indahnya jika semua potensi tersebut bersinergi. saya yakin pembangunan akan merata dan proposional dan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat meningkat, PAD daerah turut serta, lingkungan juga sehat, bermartabat dan dipandang dirasakan pun nikmat.

sebaliknya kalau tidak bisa bersinergi maka yang timbul adalah petaka, dan celakalah mereka orang-orang yang tidak mau "berpikir" sebagaimana Allah SWT mengatakan "kerusakan di muka bumi, di langit dan di laut disebabkan karena perilaku manusia...................
......". untuk itu mari bersama-sama bersinergi mencegah hal yang tidak kita inginkan.


Desa Di Kec Sirampog:

WANAREJA
IGIRKLANCENG
DAWUHAN
BATURSARI
KALIGIRI
SRIDADI
PLOMPONG
BENDA
KALILOKA
MANGGIS
MLAYANG
MENDALA
BUNIWAH

Sumber :
http://dollarfreedownload.blogspot.com/2010/05/beberapa-potensi-lokal-kecamatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar