Sabtu, 17 Juli 2010

Wacana Pembentukan Kabupaten Bumiayu








Bumiayu merupakan pusat aktivitas masyarakat di bagian selatan Kabupaten Brebes seperti Tonjong, Sirampog, Bantarkawung, Salem, dan Paguyangan.

Saat ini tengah berkembang wacana pembentukan Kabupaten Bumiayu, lepas dari Kabupaten Brebes. Secara geografis, kawasan selatan Kabupaten Brebes cukup jauh dari ibukota kabupaten. Secara kultural pun, dialek Bumiayu cukup berbeda dengan dialek Tegal yang dituturkan di bagian utara Kabupaten Brebes. Bahkan sebagian masyarakat asli menganggap dirinya kelahiran "Bumiayu" ketimbang "Kabupaten Brebes".
Pada waktu zaman revolusi tahun 1950-an, Bumiayu dikenal sebagai pusat/markas TNI-AD untuk menumpas pemberontakan DI/TII yang ada di daerah Kecamatan Salem.

Tokoh terkenal dari wilayah ini ialah Yahya Ahmad Muhaimin (mantan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia).Sebetulnya masih banyak tokoh-tokoh lain yang banyak berkiprah ditingkat nasional baik sipil maupun militer, namun sayang tidak terdokumentasikan. Tokoh Yahya Muhaimin lebih tepat sebagai mantan menterinya Gus-Dur yang lahir di Bumiayu dan belum ada kontribusinya yang signifikan dalam sejarah pergerakan rakyat Bumiayu maupun pembangunan Bumiayu. Bumiayu sangat layak untuk menjadi kabupaten sendiri. Dari berbagai aspek historis,politik-sosial-budaya-ekonomi dan posisi georafis. Yang menjadi persoalan belum ada tokoh yang negarawan yang memperjuangkan berdirinya kabupaten Bumiayu. Banyak kepentingan kekuasaan yang tarik-ulur berebut peluang kekuasaan seandainya menjadi daerah otonom kabupaten Bumiayu.

Kecamatan Bumiayu
Bumiayu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Bumiayu merupakan pusat aktivitas masyarakat di bagian selatan Kabupaten Brebes seperti Tonjong, Sirampog, Bantarkawung, Salem, dan Paguyangan. Kecamatan ini berada di daerah dataran tinggi, dan dilalui jalur transportasi utama Tegal-Purwokerto, serta jalur kereta api Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya.

Di Bumiayu terdapat Pasar Wage, yaitu pasar yang hanya buka setiap lima hari sekali menurut hari pasaran Kalender Jawa. Di kota Bumiayu, sebagian besar masyarakat Bumiayu memiliki mata pencaharian sebagai pedagang. Kawasan perdagangan kota Bumiayu yang membentang dari Talok hingga Jatisawit. Pasar di Bumiayu adalah Pasar Talok, Pasar Bumiayu, Pasar Majapahit, dan Pasar Jatisawit.

Untuk mengurangi kemacetan di kota Bumiayu, Pemerintah Kabupaten Brebes membangun jalan Lingkar Selatan, yang dibangun di sebelah timur wilayah perkotaan Bumiayu. Jalan tersebut terbentang mulai dari Talok hingga Pagojengan Kecamatan Paguyangan.

untuk peta kota bumiayu buka ajah google map dan cari kota bumiayu kabupaten brebes jawa tengah

Desa/Kelurahan
Adisana
Bumiayu
Dukuhturi
Jatisawit
Kalierang
Kalilangkap
Kalinusu
Kalisumur
Kaliwadas
Langkap
Laren
Negaradaha
Pamijen
Panggarutan
Pruwatan
Ketabasa

Pariwisata
Beberapa tampat wisata di Bumiayu diantaranya: Telaga Ranjeng dan Goa Jepang.Pemandian air panas Paku Jati dan Buaran

Pendidikan
Bagi wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan, Bumiayu merupakan pusat pendidikan. Ditingkat SLTA, terdapat SMAN 1 Bumiayu, SMA BU NU, SMA Islam T. Huda, SMA Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah, SMK Kerabat kita, SMA An-Nurriyah, dan SMAN 1 Paguyangan.

Bumiayu juga terdapat sejumlah pondok pesantren seperti Pondok Pesantren An-Nurriyah dan Pondok Pesantren Shofwatussu'ada di Krajan, Bumiayu.Pondok pesantren Darunnajah Tegal Munding Pruwatan dan masih banyak lagi.
Di Bumiayu juga ada STKIP. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) adalah sebuah jawaban dari kebutuhan pembangunan dunia pendidikan masyarakat Bumiayu dan Sekitarnya. STKIP adalah salah satu lembaga Perguruan Tinggi di bawah naungan Yayasan Ta'alumul Huda (YTH), sebagai kelanjutan dari lembaga-lembaga pendidikan di bawahnya. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa Yayasan Ta'alumul Huda telah menaungi beberapa Lembaga Pendidikan yang sudah mapan dan sangat ternama seperti: TK; SDI; SMPI; SMAI. (http://stkipbumiayu.blogspot.com/2009/05/selamat-datang-di-stkip.html)

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bumiayu,_Brebes

Sumber Gambar:
http://abjateng.net46.net/index.php
http://abjateng.net46.net/dati2.php?k=BREBES
http://evanbumiayu.wordpress.com/galeri-foto/
http://evanbumiayu.wordpress.com/galeri-foto/
http://aksa.freehomeblogs.in/100415/p2/
http://aksa.freehomeblogs.in/100415/p2/
http://bumiayumusikindie.blogspot.com/2009/04/bumiayu-teriak.html


1 komentar: