Jumat, 16 Juli 2010

Kembangkan Wisata Sirampog


Obyek Wisata (OW) di Kecamatan Sirampog ternyata tak kalah potensinya dengan daerah lain di Kabupaten Brebes.


OW itu mempunyai kekhasan tersendiri, sesuai tofografi Sirampog yang didominasi daerah perbukitan. Karenanya, pemkab diminta segera mengembangkan sedikitnya 4 OW. Antara lain OW Sumur Pengantin di Desa Dawuhan, Curug Putri di Desa Mendala, Air Panas di Desa Kaligiri, dan Curug Awu di Desa Wanareja.

Keempat OW itu sampai kini belum dikembangkan. Padahal, memiliki keindahan dan bisa menjadi sumber pendapatan bagi APBD. Selain itu, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. Kepala Desa Benda, H Naghib Shodiq SPdi, yang juga ketua Paguyuban Kades Kecamatan Sirampog, mengatakan, keempatnya memang belum tersentuh pengembangan. Pemkab memang pernah mencoba melakukan penataan di wilayah OW Curug Putri. Hanya saja, belum maksimal. "Jika keempat potensi wisata itu dikembangkan, tentu akan membawa kemajuan sangat berarti bagi masyarakat," kata Naghib.

Menurutnnya, pada Musrenbang 2008 lalu, masyarakat sudah mengusulkan, agar pemkab menganggarkan alokasi pengembangan di salah satu pos APBD 2009. "Hanya saja, kelanjutannya belum bisa diketahui."

Lebih detail dia merinci, Kecamatan Sirampog yang wilayahnya berada di dataran tinggi Gunung Slamet, memiliki potensi keindahan alam. Beberapa tempat juga sudah cukup dikenal masyarakat seperti Sumur Penganten. "Masyarakat sudah banyak yang tahu. Bahkan, pada hari-hari tertentu banyak wisatawan dari luar daerah yang datang berkunjung," tuturnya.

Melalui Musrenbang, tambahnya, keempat OW tadi diusulkan dikembangkan dengan anggaran sebesar Rp 2 miliar. Pengembangan meliputi pembuatan akses jalan dan pembangunan sarana lain, supaya OW layak dikunjungi."Kalau itu bisa dikembangkan, pasti akan banyak lagi didatangi wisatawan," pungkas Naghib. (pri)


Sumber :
http://www.radartegal.com/index.php/Kembangkan-Wisata-Sirampog.html
20 Agustus 2009

Sumber Gambar:
http://beritabumiayu.blogspot.com/2009/06/kabar-dari-desa-benda-sirampog.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar